Stress Akibat Pandemi, Coba Cara SehatQ Mengatasinya Ini!

  • Whatsapp

Seiring berjalannya waktu, kehidupan normal yang harus berdampingan dengan keberadaan virus corona menjadi solusi terbaik. Meskipun sebagian orang mulai beradaptasi dengan kehidupan tatanan baru, tetapi ada sebagian lain yang masih sulit keluar dari masalah kehidupan akibat pandemi berkepanjangan. Selain kebosanan, pandemi menciptakan masalah perekonomian serius yang membuat orang-orang mulai merasakan gejala depresi sehingga wajib cari bantuan ke psikolog terpercaya.

Read More

7 cara mengatasi stress karena pandemi berkepanjangan

Stress bukan hal yang asing mengingat semua orang bisa saja mengalaminya. Apalagi suasana pandemi yang membatasi aktivitas sehari-hari, ada orang-orang yang rentan terkena stress dan depresi. Supaya Anda tetap memiliki kehidupan yang waras dan nyaman, ada baiknya mengetahui cara mengelola stress karena pandemi berikut :

1. Memfokuskan diri pada hal positif

Menganggur atau tidak melakukan apa-apa bisa memicu Anda terkena stress, lho! PHK memang bukan hal yang menyenangkan, tetapi Anda yang menganggur harus membuat perencanaan hidup lebih baik. Kelola pikiran dan coba tulis apa yang akan Anda lakukan sehari-hari dalam daftar panjang. Fokuskan diri Anda pada hal-hal positif yang bisa menghilangkan pikiran stress sebab kendali pikiran sangat penting agar Anda terhindar dari dampak gangguan mental ini.

2. Hentikan membandingkan kehidupan diri dengan orang lain

Si A bisa melakukan hal ini, si B bisa melakukan hal lain pada masa pandemi akan membuat Anda semakin stress. Hilangkan fokus pikiran pada masa depan yang bisa membuat Anda berpikir terlalu berlebihan. Hal ini akan semakin membuat Anda lebih stress sebab Anda tidak bersyukur pada hal baik yang bisa dirasakan sekarang.

3. Mencoba menikmati hari

Mungkin hari-hari Anda memang tidak sama dengan sebelum pandemi melanda. Namun, usahakan untuk tetap menikmati hari yang ada demi masa depan lebih baik. Caranya dengan fokus melakukan kegiatan menyenangkan bersama orang terdekat seperti keluarga, pasangan atau teman-teman Anda.

4. Membuat jadwal kebiasaan baru yang baik

Agar pandemi tidak menjadi beban pikiran, ada baiknya Anda membuat jadwal melakukan kebiasaan-kebiasaan baru dengan optimal. Jadikan kebiasaan baru menjadi rutinitas kehidupan pada masa pandemi sehingga tidak terlalu membebani Anda. Misalnya mau belanja online, mencuci tangan, rajin mengganti masker, dan aktivitas kebersihan lainnya.

5. Selalu terhubung dengan orang-orang dekat

Meski tidak bia bertemu langsung, ada baiknya Anda tetap terhubung dengan orang-orang dekat lewat sambungan telepon. Bertanya kabar, melihat wajah orang terkasih dan cara virtual lain akan membuat Anda berpikir positif tentang kehidupan ini. Setidaknya Anda memiliki rasa optimis untuk selalu hidup lebih baik, menjaga kebersihan agar selalu sehat dan bisa bertemu orang terkasih selama mematuhi prokes yang ada.

6. Melakukan hobi yang disukai

Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi yang disukai selama pandemi seperti menulis, membaca, berkebun, olahraga bersepeda, dan lain-lain selama mematuhi standar peraturan kesehatan yang berlaku. Melakukan hal menyenangkan akan membuat jiwa Anda lebih bahagia dan bebas dari risiko stress.

7. Mencari bantuan profesional

Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi stress, tetapi tak kunjung merasa lebih baik. Cara mengatasi stress dan depresi yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi bantuan profesional seperti psikolog terpercaya. Tanda Anda mulai stress dan depresi bisa dilihat dari sikap yang merasa bersalah, putus asa, suasana hati buruk, penurunan nafsu makan hingga keinginan bunuh diri.

Jika Anda menemui tanda-tanda yang mengarah pada depresi, sebaiknya segera mencari bantuan para profesional. Psikolog dari SehatQ akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang dialami agar bisa lahir kembali dalam menyambut kehidupan baru. Anda bisa chat dokter terkait yang bisa menawarkan bantuan untuk mengatasi stress selama ini. Dokter akan membantu Anda baik konsultasi virtual atau perawatan di klinik kesehatan sesuai kebutuhan.

Pikirkan masa depan dan keluarga Anda sebelum mental semakin terganggu karena kehidupan masa pandemi yang sulit. Yuk, saling menggenggam tangan dengan mendapatkan dukungan lewat fitur konsultasi kesehatan mental di SehatQ sekarang juga!

 

Sumber

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/07/122533220/10-cara-mengatasi-stres-akibat-pandemi-yang-tak-kunjung-usai?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *